Senin, 28 Maret 2011

PRINSIP BENTUK SENI

Edit Posted by with No comments
Ditulis Oleh : Ni Nyoman Seriati, M.Hum
Dikutip Oleh : Arum Yunita M
Ada beberapa pandangan yang memberikan pendapatnya mengenai prinsip bentuk seni namun pada pembahasan ini khusus akan membicarakan prinsip bentuk yang berkaitan dengan  Tari.
A.   Prinsip Dalam Penyusunan Tari Kelompok
Prinsip  dalam penyusunan koreografi kelompok (Hadi, 2003: 74) antara lain kesatuan (unity), varisi, repetisi (pengulangan), Transisi (perpindahan), rangkaian, perbandingan (balance), klimaks .
  1. Kesatuan (unity)
Kesatuan yang utuh dari berbagai aspek secara bersama mencapai  keutuhan. Dalam koreografi kelompok  prinsip kesatuan  mengandung pengertian menjadi satu kesatuan yang utuh. Dalam hal ini dimaksudkan  saling berhubungan satu dengan yang lainnya sebagai satu bentuk yang utuh baik dari sisi gerak, struktur/rangkaian cerita yang digarap, musik, rias dan busana dan unsure yang lainnya.
  1. Variasi.
Dalam proses koreografi prinsip variasi sangat penting baik variasi gerak, tempo, musik, desain lantai guna mencapai hal-hal yang baru.


  1. Repetisi (pengulangan)
Tari dikatakan sebagi seni yang sesaat artinya yang bisa dinikmati saat ditampilkan setelah itu penonton tidak dapat mengingatnya lagi, oleh karenanya dalam tatan tari diperlukan adanya gerak pengulangan yang berfungsi untuk memberi kesan kepada penonton tentang kemungkinan ada gerak-gerak menarik yang telah disajikan. Revetisi juga diartikan sebagai pernyataan kembali dari apa yang pernah terjadi. Dalam konsep pengulangan ini variasi gerak sangat dibutuhkan  guna menghindari kebosanan pada penonton karena pengulangan gerak yang dilakukan berkali-kali menjadi membosankan. Dengan demikian penempatan pengulangan gerak harus dipertimbangkan dengan baik oleh penata tari Gerak sebagai  media ungkap dalam tari
  1. Transisi (perpindahan)
  2. Rangkaian
  3. Perbandingan (balance)
  4. Klimaks
Bentuk koreografi yang bersifat literal maupun non-literal kesatuan dan keutuhan structural permulaan perkembangan sampai mencapai klimaks turunnya penyelesaian atau akhir yang harus terjadi dalam tari. Klimaks merupakan titik puncak dari suatu tema cerita yang disajikan. Lihat penjelasan tentang desain dramatic.
Prinsip bentuk seni yang diungkapkan oleh Margaret N.H’Doubler (terj. Kumorohadi, 1985:148) mengemukakan bahwa prinsip betuk terdiri atas: Unity, variasi, kontras, klimaks, transisi, balans, sequence, repetisi, harmoni. Kesembilan bagian ini digambarkan sebagai jaringan laba-laba yaitu antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan atau mendukung sehingga dapat dinikmati.

0 komentar:

Posting Komentar