BERWAWASAN
SENI dengan MENGENAL
WOLFGANG AMADEUS MOZART
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Wawasan Seni.
Dosen
pengampu :
Saptomo M.Hum
Disusun oleh:
Arum Yunita Murwaningsih (08209241024)
JURUSAN PENDIDIKAN SENI
TARI
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011
________________________________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan
rahmat dan karunianya, sehingga saya
dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Berwawasan
Seni dengan Mengenal Wolfgang Amadeus Mozart”
Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas Mata
Kuliah Wawasan Seni. Meskipun
makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan penulis berusaha dengan
semaksimal mungkin dalam menyelesaikan makalah ini, penulis menyadari bahwa
masih terdapat kekurangan dalam penulisan makalah ini. Untuk itu penulis
berharap kritik dan saran yang bersifat membangun.
Dengan
demikian makalah ini disusun, semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
Penulis
_________________________________________________________________________________
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Karya
Mozart dan Beethoven adalah dasar utama keindahan musik di jaman klasik. Konsep
yang digunakan kedua komponis ini masih relevan digunakan hingga sampai saat
ini. Keseimbangan pikiran , perasaan dan tenaga ditujukan dalam konsep karya
Mozart dan Beethoven yang merupakan refleksi dari pemikiran mimesis tentang
seni oleh Plato.
Inilah
alasan kenapa penulis memilih tokoh Mozart, karena ada satu hal dalam sejarah
musik dimana semua pihak yang berlawanan pandangan bersepakat,dan saat itu ada
pada Mozart.Dialah komposer yang tidak perlu merevisi satu nada pun dalam
karyanya. Mozart adalah musisi dan komponis besar yang menurut sejarahnya
merupakan salah satu dari tiga genius musik bersama Ludwig van Beethoven dan
Johann Sebastian Bach. Pencapaiannya dianggap setingkat dengan prestasi Raphael
(Pelukis atau Pematung) dan Shakespeare (Sastrawan di bidangnya)
B.
TUJUAN
Mengenal tokoh-tokoh
pada seni musik maupun seni yang lain, bertujuan sebagai penambah wawasan seni.
Dalam hal ini penulis mengambil dari seni musik, meskipun diambil dari berbagai
sumber penulis berharap pembaca bisa mengapresiasi para tokoh seni. Sengaja
mengambil dari seni musik agar relevan dengan mata kuliah Wawasan Seni yang
mengembangkan pengetahuan dan wawasan khususnya seni musik.
C.
RUMUSAN MASALAH
-
Siapakah mozart?
-
Bagaimana sejarah
perkembangan karya-karya Mozart ?
-
Apa itu musik
Opera mozart ?
-
Bagaimana akhir
Simfoni Mozart ?
_________________________________________________________________________________
PEMBAHASAN
A.
LATAR BELAKANG MOZART
Wolfgang Amadeus Mozart
lahir pada keluarga musisi pada 27 Januari 1756 di Salzburg, Austria. Menjadi
sosok fenomenal dan sebagian orang menyebutnya satu jenius besar dalam
peradaban barat. Pada usia tiga tahun ia telah belajar musik dan memahami
pelajaran secepat pelajaran itu diberikan kepadanya. Pada usia lima tahun ia
telah menciptakan beberapa karya dan kord –kord yang menyenangkan. Saat berumur
enam tahun Ia menulis sejumlah karya cantik untuk harpsikord dan berupaya
menciptakan konserto.
Karya-karyanya (sekitar
700 lagu) termasuk gubahan-gubahan selama hidupnya yang hanya 35 tahun
(Salzburg,27 Januari 1756 – Wina, 5 Desember 1791). Yang secara luas diakui
sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan
musik paduan suara. Contoh dua karya diantaranya seperti , Opera Don Giovanni dan Die
Zauberflote. Banyak karya Mozart dianggap sebagai repertoar standard konser
klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Kochel-Verzeichnis.
B.
SEJARAH PERJALANAN HIDUP MOZART
Nama Leopold Mozart,
adalah guru, kolaborator, penasehat, perawat, sekertaris, impresario, agen
pers, dan juga pemandu sorak bagi Mozart. Leopald Mozart adalah seorang ayah
yang berjasa dalam perkembangan hidup Mozart. Kemahsyuran Mozart dibidang musik
menyebabkan namanya dikenal dan menjadi tema festival musik diseluruh dunia.
Di Wina, Mozart mendengar karya-karya Joseph Haydn yang terbaru dan Ia
berteman dengan Michael Haydn, adik dari Joseph Haydn. Salah satu karya yang
paling penting pada masa ini adalah K.183, Simfoni No.25 in G Minor, dan K.201,
Simfoni A Major dunia digantikan oleh Hieronymous Von Colloredo seorang Uskup
yang otoriter dan enerjik.
Pada bulan September
1762 Saat usia Mozart 6 tahun, Mozart dibawa ayahnya Leopald berangkat ke Wina.
Disana Mozart bermain piano didepan Ratu Maria Theresia, Ratu terpukau
dengan keahlian permainan Mozart.Mozart
kemudian mengikuti konser yang cukup panjang, selama tiga tahun 1763-1765.
Mozart mengadakan konser di depan raja-raja dan kemudian diuji oleh mereka,
antara lain dengan mengimprovisasikan tema-tema yang diberikan penguji dengan
mata tertutup selembar kain. Mozart disambut sebagai anak ajaib di segala
tempat.
Pada
tahun 1769 ketika berumur 13 tahun , Mozart mengadakan perjalanan ke Italia.
Hasil perjalanan ini cukup baik Mozart sangat produktif dalam penciptaan
komposisi. Dia menggubah opera Mitridati, re di Ponto (1770) dan Lucia Silla
(1772) dan keduanya mendapat sukses besar dalam pertunjukan di Milano. Mozart
juga menciptakan banyak simfoni selama perjalanan ini dan dipengaruhi
komponis-komponis italia. Mozart juga mempelajari Kontrapung pada guru
komposisi yang paling terkenal pada masa itu, (Pedre Martini)
Uskup Colloredo yang
tidak terlalu suka pada usik membuat Mozart merasa kesal dan terutama karena
sikapnya yang sering meremehkan Mozart. Untuk melupakan kekesalannya, Mozart
menjadikan energi emosinya untuk rajin bekerja dia mengerahkan semua tenaga
untuk penciptaan berbagai komposisi. Pada ulang tahunnya ke 21 jumlah
komposisinya mencapai tiga ratus buah. Pada tahun `1777 Mozart mengundurkan
diri sebagai Maestro dan memilih memulai kariernya sebagai musisi freelancedi
Wina.
Karya –karya pentingnya
dari 1775-1777 termasuk sonata-sonata piano pertama, lima Violn Concerto, dan
beberapa piano Concerto, opera La Jardinera Giginda termasuk karya agungnya
yang pertama K.271 dalam Eb. Major.
Wina
adalah tempat tinggal ayah Mozart. Mozart sempat dilarang ayahnya bekerja
menjadi tukang musik di Salzburg. Pada musim panas 1780 Mozart mendapat pesanan
opera Idomeneo, akhirnya pertunjukan
idomeneopun digelar dan sukses didepan publik.
Pada 9
Mei 1781 mozart bertengkar dengan Colloredo dan akhirnya Mozart dipecat dengan
tidak terhormat. Ia pindah rumah ke keluarga Weber di Wina. Mozart terpikat
dengan Coztanze Weber anak ketiga dari keluarga Weber. Namun Ayahnya tidak
menyetujui hubungan Mozart dengan Coztanse.
Pada
15 Desember 1781 Mozart mengakui hubungananya dengan Constanze. Leopold tetap
tidak merestui hubungan tersebut. Sebenarnya, Mozart tidak dapat melepaskan
diri dari Constanze karena ibu Constanze mengancam apabila hubungan mereka
putus Mozart harus mengganti uang kompensasi yang telah banyak dikeluarkan.
Pada 4
Agustus 1782 Mozart menikahi Constanze di Katedral St. Stefanus. Keesokan
harinya Mozart mendapat surat dari Leopold yang isinya merestui hubungan
tersebut meskipun surat tersebut bernada dingin. Pernikahan Mozart cukup
bahagia meskipun cukup banyak menghadapi tantangan hidup.
Pada
16 Juli 1782 mozart menggelar Die entfuhrung aus Dem sehrail. Opera ini
mendapat sambutan meriah dari publik. Kaisar joseph II mengatakan pada Mozart bahwa
opera tersebut memiliki nada yang banyak sekali. Sejak saat itu mozart sering
diundang raja. Pangeran Gottfriend Von Swieten sering mengundang secara rutin
kerumahnya. Switien yang tertarik dengan musik barok ternyata mempengaruhi
musik Mozart mengembangkan gaya kontrapung vdalam musiknya.
Pada
tahun 1784 , Mozart bergabung menjadi anggota freemason, suatu serikat yang
mendukung ide persaudaraan di bawah Tuhan. Berkat perserikatannya inilah Mozart
dapat meminjam uang bila perlu.Mozart
kembali meraih kesuksesan ketika pernikahan figaro ia membawakan lagu-lagunya.
Mozart memberi judul Le Nozze de Figaro. Dengan kesuksesan lebih besar lagi
Mozart menggubah beberapa karya lagi antara lain K.505, Simfoni no 38 in De
Major Prague. Setelah sukses , Mozart mebuat opera baru, mozart untuk pertama
kali memakai trombon pada operanya membuat karyanya semakin dramatis.
C.
MUSIK OPERA MOZART
Musik opera merupakan
karya istimewa jaman Mozart dimana karya-karya musiknya diangkat ketingkat seni
paling tinggi. Opera-opera Mozart dibagi menjadi tiga periode :
-
Periode awal
(1775-1780)
-
Periode kedua
(1780-1782)
-
Periode ketiga
(1782-1791)
Dua cuplikan karya opera
Mozart, karya pertama opera Don Giovani
yang disebut drama Giocosa. Latar belakang cerita ini berasal dari masyarakat
Spanyol (McNeiill, 1998:40). Bercerita tentang proses merayu wanita yang
bernama Donna anna, Don Giovani membunuh ayah wanita karena gagal memperoleh
Anna. Kemudian hantu ayah wanita itu muncul disaat pesta dansa dalam wujud
patung, yang kemudian berakhir dengan diculiknya Don Giovani dibawa ke neraka
oleh hantu tersebut.(McNill 1988 : 40)
Opera kedua adalah Cosi
Fan Tute, yang mengisahkan tentang dua orang pecinta. Cerita ini dimainkan 6
orang pemeran. Berawal dari Don Alfonso seorang bapak yang berpengalaman dengan
seorang pembantu yang berpengalaman Despina. Pembantu tersebut ingin
mengajarkan tentang sifat wanita,Don
Alfonso yakin bahwa kesetiaan dua orang pasangan dapat berubah. Untuk membuat
sebuah teori ia membuat sebuah sandiwara dengan mengharuskan kedua pria
tersebut ikut angkatan bersenjata. Pada saat mereka berangkat bertugas para
pacar-pacarnya mengiringi sambil menangis dengan banjir air mata, mereka juga
menyertakan janji-janji mulut tentang kesetiaan yang kekal. Kemudian sesuai
sesuai dengan instruksi Don Alfonso dan Despina, kedua pria kembali dalam
samaran sebagai prajurit Albania dan mereka masing-masing berusaha merayu pacar
temanya. Awal kedua wanita tidak mau, namu akhirnya mereka menyerah juga. Kedua
pria itu sangat terkejut, namun Don Alfonso berpendapat bahwa perilaku wanita
memang seperti itu.
Opera ke-tiga seperti
Opera Seria La Clementza dan Die Zauberflot ( seruling ajaib). Die Zauberflot
dilambangkan dengan angka tiga: Overture dimulai dengan angka tiga akord keras,
tonikanya adalah Es Mayor, para pemeran adalah tiga perempuan dan tiga
laki-laki kecil. Ada ular yang mengancam Tamino pemeran utama pria yang
dipotong menjadi tiga dan ada tiga pintu yang harus dibuka Tamino. Opera ini
bergaya singspiel biasa.
D.
SIMFONI TERAKHIR MOZART
Simfoni terakhir Mozart,
simfoni No. 39, 40, dan 41 “Jupiter” tak diketahui secara pasti apakah simfoni
tersebut dipentaskan sebelum Mozart meninggal atau tidak. Pada musim semi tahun
1789, Mozart pergi ke Berlin tampil sebgai pianis di depan pangeran Sachsen di
Dresden, dia juga bermain organ di Thomaskirche di Leipzig. Dia juga memainkan
konser privat di depan Friedirch Wihelm II, dikunjunaganny ke Postdam dan
Berlin. Wi9lhelm II meminta Mozart membuatkan enam kuartet piano dan enam piano
sonata yang sayangnya tak sempat terselesaikan oleh Mozart.
Kembal ke Wina, Mozart
mementaskan operanya. De Zauberflote. Opera ini sukses besar, librettonya
ditulis oleh Emanuel Schikaneder.
Setelah opera ini selesai Mozart mendapat pesanan dari pangeran Franz von
walsegg untuk membuat sebuah Requiem yang bermaksud menjadikan komposisi
tersebut sebagai karyanya untuk mengenang istrinya yang telah meninggal. Mozart
tak sempat menyelesaikan karya besar ini lalu diteruskan oleh muridnya Franz
Xaver Sussmyar.
Menurut beberapa sumber,
Mozart tak sanggup menyanyikan bagian Lacrimosa saat sedang memainkan lagu
dengan teman-temannya. Dari musiknya yang kelam, Fanz Beyer mengomentari dalam
album Requirem ‘ Aku bisa mendengar suara Mozart yang berbicara untuk
kepentingannya sendiri, dengan keadaan yang mendesak, seperti anak kecil yang
sakit dan melihat ibunya dengan penuh harapan dan ketakutan aakan perpisahan.
Mozart juga mengalami ketakutan akan kematian. Pada 5 Desember 1791 , Mozart
meninggal dunia pukul 01.00 pagi.
_________________________________________________________________________________
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Di dalam tulisan ini
saya lebih mengangkat sejarah dan perjalanan kehidupan Mozart hingga akhir
hayatnya. Dalam sejarah karya-karya Mozart yang sangat populer yakni opera Don
Giovani dan Die Zauberflote dua diantara karya-karyanya yang dianggap sebagai
mahakarya Mozart terhebat. Yang lebih menarik dari kelebihan Mozart, ia dikenal
memiliki kemampuan tala mutlak (mengenal nada dengan tepat tanpa bantuan alat),
mungkin diantara komponis-komponis yang ada Cuma dia yang mamilki kelebihan
itu.Dan Mozart juga merupakan salah satu dari tiga jenius musik bersama Ludwig
Beethoven dan Johann Sebastian Bach.
Mungkin hanya ini yang
dapat penulis sampaikan dalam sejarah karya Mozart, tentunya masih banyak
sekali kesalahan dan kekurangan dalam
hal menulis, bahasa ataupun penjelasan tulisan ini. Penulis meminta maaf atas
semua kekurangannya. Dikarenakan keterbatasan pengetahuan penulis. Semoga
tulisan ini bermanfaat bagi pembaca untuk menambah referensi.
B.
SARAN
Mengenal seniman besar
dunia merupakan bentuk apresiasi dan berfungsi menambah wawasan seni,
mempelajari perjalanan hidupnya dan semngat serta nilai-nilai dipakainya,
mempelajari karakternya dan menjadikan sebagai contoh baik bagi kehidupan kita.
Pelajari setiap tokoh-tokoh dunia tidak dibatasi pada ruang lingkup seni yang
digeluti, melainkan menyeluruh karena nilai-nilai penting ada didalamnya.
_________________________________________________________________________________
DAFTAR PUSTAKA
marzuki, Latifah khodijat.2006. Wolgang Amadeus Mozart komponis cilik dari Salzburg. Djambatan,
Jakarta.
Matthews, Max Made. 2001. Music ; An Illustrated History. London : Annes Publishing Limited
Staf Pengajar Musik.2006. Harmoni Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Yogyakarta ; FSP
ISI.
Buletin Kuliah UNY. Estetika. Yogyakarta. FBS UNY
0 komentar:
Posting Komentar