Minggu, 12 Desember 2010

CONTOH PROPOSAL UJI KELAYAKAN BISNIS

Edit Posted by with No comments
PROPOSAL UJI KELAYAKAN BISNIS
SANGGAR BELAJAR DAN SANGGAR SENI
G E N I U S
(GENERASI UNGGUL & SMART)
Disusun untuk memenuhi tugas Kewirausahaan
Dosen Pengampu Trie Wahyuni, M.pd


Disusun oleh :
Arum Yunita Murwaningsih
(08209241024)


JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKATA
2010/2011
BAB I

A. PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Pendidikan menjadi sarana penting dalam meningkatkan kemajuan bangsa. Era Globalisasi menuntut yang memberikan informasi tanpa batas menuntut generasi saat ini lebih aktif,produktif,inovatif dan memiliki sense of art (sentuhan seni).
Pendidikan adalah yang utama dalam kehidupan era masa kini, sejauh kita memandang maka harus sejauh itulah kita melengkapi diri dengan pendidikan. Jangan salah memahami bahwa pendidikan diperoleh dengan cara menempuh jalur formal saja. Dengan cara datang, duduk dan mendengarkan.
Dari sinilah terbesit gagasan mendirikan Sanggar Belajar Genius dengan bertumpu pada semakin pentingnya arti pendidikan. Sanggar yang jauh dari sifat birokratif lebih menekankan sifat kekeluargaan, tidak formal dan dengan jangkauan luas serta biaya yang murah menjadai sasaran kelas ekonomi menengah. Sanggar yang menawarkan dua konsep, konsep pertama adalah mendidik siswa memahami mata pelajaran dengan konsep yang jelas, seperti mata pelajaran ; MTK, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan PKN. Konsep kedua adalah melalui pembelajaran seni khususnya seni tari bagi siswa Dasar maupun menengah. Sanggar yang berdiri satu tahun ini telah memiliki siswa kurang lebih dari 30 anak.

2. TUJUAN
Tujuan mendirikan Sanggar ini adalah untuk memupuk kreatifitas belajar melalui berbagai media yang dipelajari secara langsung, Lulus UAS maupun UAN dengan nilai yang memuaskan, dan membudayakan gemar belajar sejak dini karena kelas yang dibuka mulai dari kelas 1 SD (Sekolah Dasar) hingga 6 SD dan untuk kelas Tari tidak terbatas.
Tujuan lain secara umum adalah menjadikan siswa calon-calon generasi penerus bangsa yang peduli akan budaya, serta menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, produktif, dan inovatif.

3. IDENTITAS SANGGAR
Didirikan pada tanggal 10 Mei 2009 Oleh Mahasiswa Seni Tari Arum Yunita M
Dibantu oleh Ibu Ponisrah, S.pd (Guru SD Wiyoro) sekaligus Ibu dari Arum Yunita m
Sanggar dirintis dengan
Nama ; GENIUS
Alamat ; Joho Jambidan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55195.
CP ; Arum Yunita M (08985102428/085878796901)
Ponisrah, S.pd (085643726962)














BAB II
A. PROYEK YANG DI USULKAN
1. Sifat Investasinya
Sifat investasinya tetap berupa gedung, alat proses pembelajaran, buku-buku acuan dan beberapa alat penunjang.
2. Jenis Produknya
Jenis Outputnya adalah keberhasilan siswa memperoleh nilai yang baik atau dengan indikasi progesif nilai siwa dari tahun ke tahun. Dibuktikan dengan pendataan nilai dari masing-masing sekolah siswa tersebut belajar, baik nilai ulangan harian maupun ujian akhir.
B. ASPEK TEKNIS
• Sifat Proyek
Sifat proyek berkelanjutan dan pihak sanggar tidak mewajibkan siswa wajib seterusnya belajar disanggar, bisa sewaktu-waktu mengundurkan diri apabila hasilnya kurang memuaskan. Atau didapati kurang puas dengan pelayanan kami. Kami juga melayani siswa yang masih ingin terus belajar disanggar kami ,tanpa batas untuk kelas Tari dan kelas 6 SD untuk kelas Les Sekolah Dasar. Namun hal ini masih bisa berubah mengingat kebutuhan yang disampaikan pihak siswa Alumni yang meminta membuka kelas SMP.
• Jenis dan Jumlah Produksi
Saat ini kami tidak membatasi jumlah siswa yang akan mendaftar, karena baru tahap awal pengembangan. Namun kami mebuat aturan satu kelas Maksimal 20 agar siswa lebuh fokus dan terpantau.
• Lokasi
Lokasi berada ditepi jalan, Jln Plered Km 2,2 dekat dengan SD Jambidan I dan tidak jauh dari SD jambidan II serta SD di lingkup kecamatan Banguntapan Bantul. Hal ini menjadi pertimbangan letak yang strategis memudahkan dalam Publikasi akan keberadaan Genius.
• Bangunan
Bangunan terdiri dari 3 ruangan , 2 ruangan untuk kelas Les Privat berukuran (4 x 6 )m dan satu ruang kaca panjang berukuran (8 x 3 ) m sebagai pusat pembelajaran Tari.
• Layout Prosesnya




• Kapasitas Produksi
 Satu kelas SD kelas 1-6 maksimal= 20 anak
Jumlah Kapasitas 6 x 20 anak = 120 anak ( maksimal )
 Sanggar Tari satu kelas = 20 anak
• Tenaga Kerja
Tenaga berjumlah 7 orang meliputi
 Tentor Mate-matika
 Tentor IPA
 Tentor IPS
 Tentor Bahasa Indonesia
 Tentor PKn
 Tentor Tari
 Tentor Karawitan
C. ASPEK MENEJEMEN
Sanggar ini masih bersifat kerjasama atas nama individu. Karena didirikan oleh perorangan dan belum mendapat izin dari perpajakan karena masih tahap pengembangan,



Struktur Organisasi meliputi ;
1. Ketua Sanggar ; Ibu Ponisrah, S.pd (Mengatur Prosedur Pendaftaran,Jadwal Sanggar) sekaligus Tentor IPA
2. Sekretaris ; Arum Yunita m ( Mencatat pengeluaran, pemasukan, membuat kartu pembayaran, mencetak administrasi, mengumpulkan arsip data siswa) sekaligus Tentor Tari
3. Bendahara ; Wisnugraha ( Pemegang keuangan dan proses masuknya dana)
Tim menejemen meliputi seluruh tentor yang bergabung dalam sanggar. Dalam menentukan penjadwalan, proses ujian, mekanisme pendaftaran diadakan rapat tentor.
Tenaga kerja yang dibutuhkan tidak begitu banyak. Untuk 6 kelas dihitung permata pelajaran baru 7 tentor , jika Sanggar mengalamii perkembangan maka penambahan tentor akan dilakukan melalui rapat Tentor.
D. ASPEK KEUANGAN
• Sumber dana
Modal sendiri sekitar Rp 7.000.000,00
Peminjaman bank Rp 15.000.000,00
Total Rp 22.000.000,-
• Perincian Dana
Pembangunan Ruang Kelas tambahan Rp 10.000.000,- (ruangan ukuran 8x3 m)
Pemebelian 15 Meja bundar Rp 1.500.000,-
Pembelian Rak Buku Rp 1.000.000,-
Pembelian buku Soal-soal
1. Buku Mtk kelas 1-6 = 6 x 6.000 Rp 36.000,-
2. Buku IPA kelas 1-6 = 6 x 7.000 Rp 42.000,-
3. Buku IPS kelas 1-6 = 6 x 6.000 Rp 36.000,-
4. Buku Pkn kelas 1-6= 6 x 5.000 Rp 30.000,-
5. Buku Bhs. Indo 1-6= 6x 6.000 Rp 36.000,-
Total Rp 180.000,-


Pembelian Buku Materi
1. Buku Buku Mtk kelas 1-6 = 6 x 15.000 Rp 90.000,-
2. Buku IPA kelas 1-6 = 6 x 15.000 Rp 90.000,-
3. Buku IPS kelas 1-6 = 6 x 15.000,- Rp 90.000,-
4. Buku Pkn kelas 1-6 = 6 x 15.000 Rp 90.000,-
5. Buku Bhs. Indo 1-6 = 6x 15.000 Rp 90.000,-
Total Rp 450.000,-
Pembelian Tape sarana menari Rp 1.170.000,-
Pemebelian Kased Tari dan CD Rp 500.000,-
Pembuatan Pamflet+Leflat+kartu Rp 200.000,-
Spidol, Buku tulis, Rp 100.000,-
Dana Operasional Rp 3.000.000
Total Rp 18.100.000,-
Sisa Rp 3.900.000,-
• Perhitungan Investasi
Tanah 10 x 7 m² = 70 m² x 450.000,- = Rp 31.500.000,-
Bangunan Permanen 4 ruangan = Rp 60.000.000,-
Uang = Rp 22.000.000,-
• Biaya Produksi
Listrik Rp 65.000/ bulan
Spidol Rp 35.000/ bulan
Fotocopy Soal Rp 150.000/bulan
Pembayaran Tentor Rp 3.500.000/bulan
Cicilan bank Rp 500.000,-
Total Rp 4.250.000,-



• Prediksi Rugi Laba
Pemasukan 120 anak x 50.000 /bulan = Rp 6.000.000/bulan
Pengeluaran = Rp 4.250.000/bulan
Sisa Rp 1.750.000,-/bulan ( keuntungan kas sanggar)
E. PEMASARAN
Sasaran dari sanggar Genius adalah SD yang berada di sekitar sanggar Genius, meliputi 7 kelurahan. Bisa mencapai 35 SD.
Volume muatan kelas 20 siswa / kelas.
Strategi pemasaran melalui Alumni siswa SD yang pernah belajar disanggar Genius maka akan diadakan reuni, Alumni akan membantu menyebarkan warta melalui media seperti pamflet,liflet, papan pengumuman.
Strategi yang lain adalah membangun konsep kekeluargaan antar alumni sanggar, dengan berbagai kegiatan seperti Outbond, kemah, pinik dsb. Hal ini mampu mempererat hubungan Alumni dengan para Tentor dan Efeknya adalah memperluas jaringan. Strategi ke tiga adalah tentor yang mengabdi berusia antara 18-25 tahun , para mahasiswa atau lulusan baru, selain semngat jiwa yang muda akan mempengaruhi kinerja tentor hasil outputnya pun jauh lebih baik. Metode yang digunakan belajar dengan gembira. Sehingga tentor tidak harus seperti guru kelas yang bersifat birokratis, melaibnkan tentor yang ramah dan mengedepankan semangat kekeluargaan.







BAB III
A. KESIMPULAN
USAHA yang mecoba kami bangun adalah usaha dibidang jasa, sehingga produk kami berupa hasil output nilai dan kelulusan yang 100% lulus tiap tahunnya.
Usaha Les Privat memang sudah menjamur saat ini, namun sanggar belajar yang memegang prinsip kekeluargaan masih sedikit. Kesan formal tidak begitu menonjol.
Usaha ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Harapannya dari tahun ke tahun akan mengalami peningkatan. Keuangan menjadi pertimbangan yang paling krusial, karena terbukti Sanggar belajar Genius merupakan sanggar belajar yang murah jika dibandingkan Sanggar belajar yang lain. Cukup dengan 50.000/ bulan, siswa sudah mendapatkan materi yang cukup, pengayaan soal yang memadai serta Ekstra yang bias meningkatkan mutu siswa. Ekstra yang dikembangkan Ekstra Tari yang diadakan setiap minngu, bagi yang berminat diantara murid yang les di sanggar Genius.
Semoga Sanggar genius ini menjadi Inspirasi dalam membangun usaha.

0 komentar:

Posting Komentar